Dolmenesantequerapatrimonio.com

Kumpulan Informasi Terkini, Terbaru, Terpercaya Dan Terupdate Di Indonesia

Home » Jadilah Sahabat Bumi Yang Menjaga, Melestarikan Dan Melindungi Bumi

Jadilah Sahabat Bumi Yang Menjaga, Melestarikan Dan Melindungi Bumi

Apakah kalian tidak menyadari bahwa kita saat ini? Kita sebagai manusia dan makhluk hidup tinggal dan hidup di bumi mulai dari kita lahir, bayi,  kemudian beranjak dewasa, dan sampai saat kita meninggal. Tentu saja kita sangat berhutang budi kepada bumi , planet tempat tinggal kita yang tercinta ini.

Tetapi , tidak banyak yang menyadari bahwa bumi kita yang tercinta ini sedang sakit. Akibat apa ? Akibat terlalu banyak sampah plastik dan juga karbon dioksida yang dapat merusak lapisan ozon di planet bumi. Lapisan ozon merupakan lapisan di atmosfer bumi kita ini pada ketinggian 20-35 km di atas permukaan bumi. Lapisan ozon ini telah melindungi kita dari radiasi ultraviolet yang berasal dari matahari. Jikalau saja lapisan ozon menipis maka itu akan berdampak buruk pada bumi dan juga kita sendiri.

 

Karena jika radiasi ultraviolet mengenai kita bisa beresiko terkena kanker kulit. Selain,karbon dioksida (CO2) yang membuat bumi kita ini sakit adalah sampah plastik yang tentu saja kita setiap hari menggunakan plastik baik untuk membuang sampah , menaruh belanjaan belanjaan , botol minum , kita dan lainnya. Tanpa kita sadari sampah sudah banyak ada di bumi kita ini , contohnya saja indonesia menyumbang sampah plastik 4,8 juta ton per tahunnya ini masih dari indonesia belum dari negara negara lain dibumi. Jikalau kita bisa menggunakan botol bawaan sendiri dari rumah untuk kita gunakan sehari hari pasti bisa sedikit menurunkan jumlah sampah bumi yang kita sumbang kan per tahun , banyak orang yang membakar sampah plastik di ruangan terbuka yang bisa menyebabkan sampah plastik tidak terbakar dengan sempurna. Kerikil kerikil dari pembakaran sampah itu masih akan tetap ada di bumi  sampai bertahun tahun.

 

Tanpa kita sadari juga banyak sampai di perairan berasal dari daratan. Sampah plastik sendiri itu bisa menyebabkan hal yang sangat berbahaya bagi hewan di laut , contohnya saja hewan laut bisa saja mati akibat banyak nya sampah plastik di lautan , bisa juga terumbu karang semakin sedikit di lautan. Terumbu karang sendiri fungsi utama nya adalah tempat tinggal dan tempat mencari makanan ikan ikan kecil. Bukan hanya itu ikan juga bisa punah akibat banyaknya sampah plastik di lautan. Jagalah bumi dengan membawa bekal sendiri dari rumah , jikalau perjalanan kalian tidak terlalu jauh sebaiknya jalan kaki atau naik sepeda saja agar mengurangi polusi di bumi. Kegiatan kecil kita ini bisa berdampak besar bagi bumi kita ini , karena kita seluruh rakyat di Indonesia melakukan hal hal yang kecil ini bisa sedikit mengurangi polusi udara dan sampah di Indonesia.

 

Plastik sendiri terbuat dari unsur unsur seperti karbon dioksida , oksigen , hidrogen , klorin , belerang dan natrium bukan hanya unsur unsur ini plastik juga dari bahan dasar minyak dan gas bumi singkat nya saja adalah pengambilan minyak bumi dilakukan dengan proses pemulihan di kilang minyak ( refinery ) bersama dengan gas bumi yang di hasilkan produk produk petrokimia seperti etera , prapana , dan berbagai produk petrokimia lain. Petrokimia (petro chemical) sendiri adalah bahan kimia yang diperoleh dari bahan bakar fosil. Contohnya saja pupuk juga termasuk bahan petrokimia. Pupuk ini adalah bahan yang diambil dari bahan alam dan diberikan kembali kepada alam sendiri, sedangkan bahan alam lain seperti minyak bumi dan gas bumi beberapa di gunankan untuk pembuatan plastik. Pupuk merupakan salah satu produk industry petrokimia yang paling banyak dihasilkan. Dalam indrusty petrokimia, pupuk dan pestisida merupakan produk yang paling banyak di hasilkan dan di perhitungkan.

Dolmenesantequerapatrimonio

Kembali ke atas