Dolmenesantequerapatrimonio.com

Kumpulan Informasi Terkini, Terbaru, Terpercaya Dan Terupdate Di Indonesia

Home » Pengertian kerajinan serat alam beserta jenis dan karakteristiknya

Pengertian kerajinan serat alam beserta jenis dan karakteristiknya

Bahan serat alam adalah salah satu jenis bahan yang berupa potongan potongan benda yang membentuk jaringan jaringan memanjang yang masih utuh. Serat merupakan suatu materi yang perbandingan dari panjang dan lebar yang sangat besar dan juga molekul penyusunnya telah terorientasi, dan juga terarah ke arah panjang. Negara yang ada di dunia yang pertama mengolah dan juga membuat bahan serat alam ini adalah negara Cina. 

Limbah dari serat alam cukup mudah ataupun sangat mudah untuk diuraikan di dalam tanah. Bahan serat yang dapat mudah terurai merupakan bahan serat organik yang sama sekali belum ataupun tidak pernah diolah melalui proses dan juga penambahan bahan kimia yang menjadikannya terjaga keasliannya. Bahan serat alami bisa digolongkan ataupun dibagi menjadi tiga yaitu: bahan serat dari tumbuhan, mineral, dan juga dari hewan. 

Contoh contoh bahan serat alam diantaranya sebagai berikut

  1. Serat dari tumbuhan

Serat yang terdapat di tumbuhan dapat kita lihat dari bagian bagian tumbuhannya. Adapun beberapa serat yang terdapat di tumbuhan dapat kita klasifikasikan menjadi empat bagian diantaranya, sebagai berikut:

2. Serat alam dari biji bijian 

Setiap tumbuhan mempunyai biji yang beragam ragam bentuknya. Sedikit biji dari banyaknya biji telah memenuhi syarat untuk diolah menjadi bahan serat. Diantaranya adalah biji dari pohon kapuk dan juga biji dari pohon kapas.

3. Serat alam dari batang tumbuhan 

Setiap tumbuhan mempunyai batang yang beragam ragam bentuknya. Struktur dari batang yang dihasilkan dari setiap tumbuhan tentunya tidak selalu sama. Di Antara serat alam dari batang yang dapat dijadikan serat adalah pohon anggrek, kena, mahkota dewa, yonkori,  beringin, flax, rosella, henep, rami, urena, melinjo/ganemon, jute dan sunn.

4. Serat alam yang berasal dari daun

Tumbuhan yang dapat dibuat menjadi bahan serat alam yang berasal dari daun tumbuhan  tidaklah banyak. Diantara serat alam dari daun yang dapat dijadikan serat adalah serat daun mendong (purun tikus), daun pandan berduri, daun nanas, daun abaka, daun eceng gondok, daun  henequen, dan juga daun sisal. 

5. Serat yang berasal dari buah buahan 

Tumbuhan yang menghasilkan buah buahan sangatlah banyak dan juga beraneka ragam jenisnya. Tetapi, tumbuhan yang dapat memberikan buah yang bisa dijadikan bahan serat alam sungguh tidaklah banyak. Buah yang banyak dan juga sudah digunakan sebagai bahan serat alam salah satunya adalah buah kelapa. kelapa mempunyai serabut yang melapisi buahnya. Sabun itu itu telah banyak dipergunakan sebagai bahan dari serat alami.

6. Serat yang berasal hewan

Serat yang dihasilkan oleh hewan sangat banyak orang eropa yang menyukainya. Selat itu memiliki tekstur yang sangat lembut dan juga halus sifat dari serat hewan tersebut dapat membuat badan terasa hangat sehingga banyak orang yang bertempat tinggal di daerah yang dingin atau di daerah yang memiliki musim salju sangat banyak menggunakan serat ini. Bulu dari hewan yang sangat banyak dijadikan sebagai bahan baku dari serat tekstil diantaranya stapel dan juga filamen. 

7. Serat yang berasal dari stapel

Stapel adalah serat alam yang memiliki bentuk rambut maupun bulu hewan yang kita kenal dengan nama wol. Contoh dari hewan itu adalah domba, kelinci, cashmere, unta,mohair, alpaca, dan juga vicuna. Rambut atau bulu hewan yang banyak dijadikan wol adalah bulu dari hewan domba.

8.Serat dari filamen

Filamen adalah serat yang memiliki bentuk seperti jaringan. Contoh dari serat tersebut adalah serat dari larva ulat sutra yang sering digunakan untuk membentuk kepompong. Kepompong itulah  yang merupakan bahan dari serat yang dipintal kemudian dujadikan benang.

Dolmenesantequerapatrimonio

Kembali ke atas